• June 17, 2024

Membaca Isi Pertemuan ‘Dadakan’ Jokowi dengan Surya Paloh, Bahas Koalisi PPP, PAN, dan Golkar?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa (24/5/2022) malam. Kabar pertemuan tersebut pun tidak ada dalam agenda resmi Presiden Jokowi. Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Bidang Isu Strategis Hermawi Taslim membenarkan kabar pertemuan tersebut.

Ia tak bisa menjelaskan secara detail terkait isi pembicaraan dalam pertemuan itu. Ketua Forum Komunikasi Alumni PMKRI itu hanya mengatakan, pertemuan Surya Paloh dengan Presiden Jokowi hanya sebatas silahturahmi. Menanggapi itu, Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political ReviewUjangKomaruddin menduga, bahwa pertemuan itu bisa saja terkait koalisi pemerintahan Jokowi.

Namun, kata Ujang, juga tak menuntup kemungkinan pertemuan itu juga membahas terkait dengan Pemilu 2024, mendatang. Ujang juga menyebut, pertemuan Surya Paloh dan Jokowi bisa saja membicarakan soal terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Di mana, koalisi itu dibangun oleh parpol yang saat ini berada di dalam pemerintahan, yakni Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Bisa juga terkait dengan terbentuknya KIB," ucap Ujang. Ia juga memprediksi, bisa saja Surya Paloh ingin mengkonfirmasi langsung ke Jokowi soal terbentuknya koalisi itu. Apakah, KIB murni bentukan ketiga parpol tersebut atau ada arahan Jokowi untuk menyiapkan calon presiden.

"Apakah koalisi murni bentukan ketiga partai tersebut. Atau kan bentukan Jokowi untuk siapkan perahu bagi capres tertentu," jelasnya. Sementara, Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, yang tampak di panggung depan tentu yang sifatnya normatif. Dimana, pertemuan Jokowi dan Surya Paloh membahas tentang situasi negara dan sejenisnya.

"Tapi di panggung belakang sangat mungkin kedua tokoh ini bicara pilpres," kata Adi Prayitno. Adi menambahkan, apalagi belakangan ini di internal koalisi pemerintah sudah ada parpol yang memunculkan koalisi. Yakni, koalisi Golkar PPP PAN yang disebut Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Selain itu, ia juga membaca kemungkinan pembicaraan Jokowi dan Surya Paloh terkait persepsi publik belakangan ini. Dimana, ada sinyal Jokowi mendukung salah satu capres yakni Ganjar Pranowo. "Termasuk juga misalnya Jokowi yang dinilai publik mulai terlihat sikap politiknya lebih ke Ganjar," terang Adi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *