• June 17, 2024

Cara mengatasi gigi berlubang Dan Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami

Untuk mengatasi gigi berlubang dan gusi bengkak tak perlu memakai obat generic, cara mengatasi gigi berlubang bisa dengan menggunakan obat herbal yang mana bisa lebih ampuh dan tidak menimbulkan efek samping.

Berikut Obat Herbal Untuk Gigi Berlubang Dan Gusi Bengkak sebagai berikut:

1. Minyak cengkeh

Cara menggunakannya :

Ambillah secuil kapas yang cukup untuk dimasukkan ke dalam lubang gigi. Rendam potongan kapas tersebut ke dalam minyak cengkeh yang masih basah dengan menggunakan jepitan kapas atau lidi yang dilipat dua. Pastikan agar minyak tidak terlalu basah atau menetes, dan jika sudah terlanjur, peras sedikit agar tidak menetes ke dalam mulut. Jika kapas terlalu basah, maka minyaknya akan menetes ke dalam mulut sebelum masuk ke dalam lubang gigi. Jangan menggunakan terlalu banyak minyak cengkeh karena dapat menyebabkan luka pada kulit atau gusi yang terkena minyak tersebut. Saya sendiri pernah mengalami hal ini saat istri saya ingin mengobati sakit gigi, namun justru menimbulkan sakit lain.

Jadi, perhatikan dengan hati-hati saat memasukkan kapas berminyak ke dalam lubang gigi. Jika perlu, minta bantuan orang lain di sekitar Anda. Jika tidak ada, lakukanlah sendiri dengan membuka mulut lebar-lebar dan pastikan cahaya ruangan cukup agar lubang gigi terlihat dengan jelas. Setelah itu, masukkan kapas berminyak dengan tepat ke dalam lubang gigi. Jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum melakukannya.

2. Bawang Putih

Selanjutnya obat alami untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung antiseptik alami yang efektif untuk mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak.

Cara membuat:

Siapkan satu siung bawang putih, kupas kulitnya, dan haluskan dengan menggunakan alat penghalus manual. Sebaiknya jangan menggunakan blender karena sulit mencari hasilnya jika hanya menggunakan satu siung bawang putih. Setelah dihaluskan, kumpulkan bawang putih yang sudah dihaluskan dan campurkan dengan garam dapur. Aduk rata hingga tercampur sempurna. Anda juga dapat menggunakan garam kasar yang dihaluskan bersama bawang putih.

Cara Memakainya:

Setelah campuran bawang putih dan garam dapur sudah siap, aplikasikan campuran tersebut pada gigi yang berlubang atau oleskan pada gusi yang bengkak. Saat digunakan, campuran tersebut akan terasa sedikit panas dan memberikan sensasi yang agak kuat pada lidah. Namun, cara ini ampuh dan alami, meskipun rasanya tidak begitu enak. Tahan campuran tersebut pada gigi atau gusi hingga rasa sakit berkurang. Waktu untuk meredakan sakit gigi bisa bervariasi, tergantung pada seberapa parah kondisi gigi dan gusi Anda. Jika Anda sudah lama menggunakan obat kimia, menggunakan cara ini mungkin lebih cepat memberikan hasil dan mengurangi kemungkinan sakit gigi kambuh lagi.

3. Air Garam

Berkumur dengan air garam juga dapat membantu meredakan rasa sakit ketika gusi membengkak. Air garam mengandung senyawa anti-radang yang dapat mengurangi pembengkakan pada gusi. Selain itu, air garam juga mengandung bahan antiseptik yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada gusi yang bengkak.

Cara Memakainya:

Untuk melakukan ini, siapkan satu sendok teh garam dan larutkan dalam segelas air hangat. Setelah itu, berkumur-kumurlah dengan larutan air garam selama 30 detik. Anda bisa melakukan berkumur dengan air garam ini sebanyak 3 kali sehari.

Terdapat banyak cara alami lainnya untuk mengobati sakit gigi, tetapi menurut saya, tiga cara di atas adalah yang paling efektif dan terbukti pada diri saya dan keluarga. Semoga juga cocok bagi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *