• April 18, 2024

Keunggulan Digital Printing Tekstil untuk Kain Printing

Jasa print kain custom saat ini semakin banyak bermunculan. Desainer pakaian pun semakin pandai dalam berkreasi. Apalagi ditambah kecanggihan teknologi digital printing tekstil yang semakin membantu memudahkan pekerjaan industri tekstil sampai konveksi menjadi semakin berkualitas.

Kehadiran mesin print tekstil telah meningkatkan kinerja industri fashion. Cetak motif kain menjadi jauh lebih cepat dan hemat. Hasil nya pun jauh lebih detail dan berkualitas. Masih banyak lagi keunggulannya jika menggunakan teknik digital print tekstil, Untuk

memahaminya simak terus penjelasannya di artikel ini.

Apa saja keunggulan teknik digital print tekstil?

Hasil yang berkualitas

Teknik print tekstil berbeda dengan teknik sablon ataupun cetak tradisional, digital printing tekstil hampir tidak ada batas kombinasi warna. Semuanya tergantung dari spesifikasi dan fitur digital printer yang dipakai, Hasil dari kombinasi warnanya pun bisa mencapai ribuan bahkan puluhan ribu gradasi dan warna.

Selain itu keunggulan lainnya dari teknik digital print tekstil yaitu hasilnya juga mendetail. Apalagi ditambah memakai tinta berkualitas tinggi, kualitas cetak yang dihasilkan berpotensi jauh lebih bagus lagi.

Jauh dari resiko cacat

Kelebihan selanjutnya apabila menggunakan digital print tekstil yang tidak dapat ditemukan pada proses cetak tradisional yaitu akurasi cetaknya. Digital printer tekstil sanggup mencetak motif secara akurat. Hasil cetakan dari teknik ini pun sama persis dengan dengan desain yang akan dipesan.

Dengan tingkat akurasi yang tinggi ini akan bisa meminimalisir cacat produksi. Oleh karena itu selama desainnya tidak rusak, maka hasil cetaknya akan mengikuti persis seperti desain pesanan. Ini merupakan keunggulan dari digital printing yang menyebabkan banyak desainer busana untuk lebih memilih print tekstil.

Lebih hemat energy dan air

Proses print kain digital tidak memerlukan energi listrik yang sangat tinggi. Air dan tinta yang diperlukan juga lebih sedikit apabila dibandingkan dengan cetak tradisional. Sehingga biaya produksi menjadi lebih hemat.

Leluasa mencetak ragam motif

Keunggulan selanjutnya dari digital print tekstil yaitu leluasa dalam mencetak motif. Mesin digital print tekstil tidak ada batasan pola cetak. Jadi, motif dari digital printing tekstil dapat mewujudkan segala macam motif dan desain. Bahkan digital print tekstil mampu mencetak motif rumit dan detail sekalipun.

Keunggulan digital print tekstil yang seperti ini pastinya akan memberi lebih banyak keleluasaan bagi desainer pakaian dalam berkreasi. Sehingga dengan ini mereka bisa mencetak motif kain yang diinginkan secara bebas.

Hasil cetak konsisten

Kain yang dicetak menggunakan digital print tekstil akan lebih konsisten. Seperti tidak ada perbedaan antara cetakan pertama dengan cetakan selanjutnya. Hal ini disebabkan data dan process plan bisa disimpan dengan mudah. Jadi apabila ingin mencetak kain dengan motif yang sama, data sebelumnya bisa dipakai lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *