• July 23, 2024

Data Science: Pengertian, Tugas, Skill, dan Gajinya

Data science menjadi sisi penting dari beberapa industri. Masalahnya sebagian besar data yang dihasilkan jadi perbincangan dan perdebatan hangat di bidang TI. Tentunya, keperluan akan beberapa orang yang menguasai di bagian ini semakin diperlukan oleh beberapa bisnis, terhitung sejumlah perusahaan besar. Ini menjadi sangat wajar mengingat data dapat digunakan untuk beberapa hal. Dimulai dari membenahi kualitas produk sampai memenangi kompetisi bisnis.

Nah, apa kamu berminat untuk jadi seorang Data Scientist? Tentu saja kamu harus mengenali dahulu apakah itu data science. Oleh karena itu, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Data Science?

Data Science ialah ilmu yang mendalami proses pengolahan data, hingga meliputi persiapan data, pemrosesan, sampai analisis data tingkat lanjut untuk menyajikan hasil yang berguna untuk beberapa pemangku kebutuhan pada sebuah perusahaan. Orang yang mengerjakan ini disebut sebagai Data Scientist.

Data Scientist ialah pekerjaan dalam bentuk penggabungan ilmu computer (pemrograman), statistik, dan matematika yang mempunyai tujuan untuk mengumpulkan, menerjemahkan, dan menganalisa kumpulan data besar yang terstruktur dan tidak terstruktur.

Seorang Data Scientist umumnya bekerja dalam tim untuk mengumpulkan beragam data dan informasi. Data itu dipakai untuk memprediksi sikap konsumen dan menganalisis peluang bisnis yang lebih baru. Pada prakteknya Data Scientist bereksperimen pada beberapa data yang sudah dikumpulkan dengan tujuan membuktikan dan memberikan jalan keluar yang terbaik untuk perkembangan sebuah usaha atau bisnis.

Tugas Data Scientist

Data scientist memiliki tugas untuk manfaatkan bahasa pemrograman untuk meningkatkan sistem otomatis yang membantu perusahaan meningkatkan operasi bisnis. Salah satunya pekerjaan data scientist ialah menghimpun raw data dari beragam sumber.

Pekerjaan ini membutuhkan analisis hasil atau membuat study baru dan mentransfernya ke format yang sesuai yang kemudian dianalisis. Selain itu, data scientist harus bekerja bersama dengan departemen lain dan membuat keputusan mengenai kemana data harus disimpan atau didistribusikan dan info apa yang diperlukan untuk semua departemen.

Skills yang diperlukan Data Scientist

  • Pengetahuan yang bagus berkenaan machine learning dan algoritma seperti k-NN, Naive Bayes, SVM, Decision Forests dan yang lain
  • Mempunyai pengalaman dengan toolkit seperti R, Weka, NumPy, MatLab dan yang lain
  • Menguasai dalam SQL, Hive, Pig
  • Pengalaman dalam database seperti SQL, Hive, Pig
  • Menguasai dalam memakai NoSQL database, seperti MongoDB, Cassandra, Hbase
  • Mempunyai keterampilan statistik terapan yang baik seperti distribusi, pengecekan statistik, regresi dan yang lain
  • Mempunyai ketrampilan scripting dan programming
  • Orientasi pada data
  • Wawasan berkenaan bisnis
  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Kekuatan leadership dan bekerja dalam tim yang baik
  • Penghasilan Data Scientist

    Berdasar data di tahun 2018, didapati jika umumnya penghasilan untuk Data Scientist dengan pengalaman sampai dua tahun ada di range Rp 14.000.000, yang profesional 2- 5 tahun ada pada angka Rp 18.000.000, sementara untuk Data Scientist dengan pengalaman lebih dari lima tahun rata-ratanya ada di angka Rp 19.000.000.

    Belajar Lebih Dalam mengenai Ilmu Data

    Sesudah memahami apa itu data science, cara kerjanya, skill yang dibutuhkan hingga penghasilan seorang Data Scientist, Apakah saat ini kamu siap untuk belajar lebih dalam terkait data science!

    Mengapa harus saat ini? Karena ahli data science di Indonesia sekarang masih sedikit. Maka, ini lah momen yang tepat untuk mengasah skill supaya bisa berkompetisi di bagian data science.

    Nah, bila kamu ingin belajar Data Science lebih dalam, kamu dapat bergabung di Bootcamp Data Science di Hacktiv8.

    Hacktiv8 merupakan penyedia pelatihan bootcamp untuk pemula menjadi talenta digital siap kerja seperti Programmer, Data Scientist, Digital Marketer.

    Dalam kelasnya, kamu akan mendapatkan beragam ilmu yg dicari di dunia kerja. Mulai dari mendalami bahasa pemrograman statistik sampai membuat visualisasi data hingga membuat projek yang dibutuhkan industri seperti Machine Learning dan Deep Learning atau produk AI. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *