• April 18, 2024

Jasad Pria Gondrong Membusuk di Lampung Tengah, Sebagian Tubuhnya Tertimbun Tanah dan Tertutup Daun

Warga Kampung Sinar Banten, Kecamatan Bekri, Lampung Tengah, dihebohkan dengan penemuan jasad yang sudah membusuk di areal perbukitan, Sabtu (26/6/2022) kemarin. Ujang (57), warga Kampung Bumi Jaya, Kecamatan Anak Tuha adalah orang pertama yang menemukan jasad tersebut saat mencari kayu bakar untuk kebutuhan memasak di dapur sekitar pukul 15.00 WIB. Hingga kini identitas jasad yang diduga telah meninggal selama 3 hari ini belum diketahui, warga menduga korban bukan penduduk sekitar.

Dugaan sementara korban merupakan korban pencurian dengan kekerasan (curas). Polda Lampung ikut turun tangan mengungkap kasus penemuan jasad ini, sejumlah saksi telah diperiksa. Saat ditemukan Ujang menceritakan, kondisi jenazah dalam posisi sedikit terkubur tanah dan sudah tertutupi dedaunan.

Awalnya Ujang mengira kerangka tubuh manusia itu adalah manekin (patung), karena sebagian tubuhnya yang terlihat hanya bagian kaki dan tangan, sementara bagian badan dan kepala sudah tertimbun tanah. Namun, ia curiga itu adalah kerangka tubuh manusia karena di sekitaran kerangka tersebut masih mengeluarkan bau tak sedap seperti bangkai. "Saya curiga kalau itu adalah jenazah manusia karena berbentuk seperti tangan dan kaki yang posisinya menghadap ke atas tanah," kata Ujang.

Karena khawatir dan takut, lalu ia melaporkan penemuannya itu kepada sang anak, dan meminta sang anak untuk melihat jenazah yang ia temukan tersebut. "Anak saya bilang supaya itu dilaporkan saja kepada perangkat kampung setempat dan pihak kepolisian di Pospol Bekri/Polsek Gunung Sugih," jelasnya. Kasus penemuan jasad di Kampung Sinar Banten, Kecamatan Bekri, Lampung Tengah menggegerkan warga setempat.

Berdasarkan keterangan di lapangan, ternyata penemuan jasad tersebut berjenis kelamin laki laki. Tak banyak petunjuk identitas yang dapat digali dari penemuan jasad. Sebab, kondisinya diperkirakan sudah tak bernyawa sejak tiga hari lalu hingga hampir seluruh tubuhnya sudah menjadi kerangka.

Adapun ciri yang masih bisa dikenali, yakni sebagai berikut: 1. Jenazah diperkirakan berusia 30 tahun. 2. Berambut gondrong sebahu.

3. Jenazah mengenakan kaos dalam berwarna hitam dan mengenakan celana dalam berwarna merah marun. 4. Bagian tangan sebelah kiri jenazah juga masih terpakai jam tangan berwarna putih dengan list berwarna hitam. 5. Bagian mata dan leher pada jenazah, seperti ada bekas lebam yang diduga bekas pukulan benda keras.

Hingga saat ini, belum diketahui identitas dari sang jenazah. Sejumlah warga di sekitaran lokasi pun mengaku tak ada warga setempat yang hilang sejak beberapa hari terakhir. "Kemungkinan jenazah itu bukan orang dari kampung sini (Sinar Banten)," kata Edi, seorang warga setempat.

Warga juga mengetahui ada penemuan jenazah setelah pihak kepolisian dan ambulance masuk ke areal perbukitan untuk melakukan evakuasi jenazah untuk dipindahkan ke rumah sakit Polda Lampung ikut turun tangan melakukan penyelidikan perihal penemuan jasad pria anonim di Kampung Sinar Banten, Bekri, Kabupaten Lampung Tengah. Penemuan jasad di wilayah hukum Polres Lampung Tengah, Polda Lampung tersebut diduga merupakan korban tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas).

Dirkrimum Polda Lampung Kombes Pol Reynold Elisa Hutagalung mengatakan pihaknya tengah menyelidiki dugaan korban curas terhadap penemuan jasad di Lampung Tengah itu. "Saat ini masih dalam penyelidikan," kata Dirkrimum Polda Lampung Kombes Pol Reynold Elisa Hutagalung, Minggu (26/6/2022). Oleh karena itu, Reynold Elisa Hutagalung belum dapat memberikan penjelasan lebih lanjut perihal penemuan jasad di Lampung Tengah.

Yang jelas, lanjut Reynold jajaran Polda Lampung akan membackup Polres Lampung Tengah dalam pengungkapan kasus itu. "Sudah kita kordinasikan dengan Polres Polres jajaran," kata Reynold. Aparat kepolisian di Lampung Tengah telah mengambil keterangan sejumlah saksi atas penemuan jasad pria di Kampung Sinar Banten, Kecamatan Bekri.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polres Lampung Tengah, AKP Edi Qorinas membenarkan terkait penemuan jasad pria itu. Akan tetapi, identitas jenazah dalam peristiwa penemuan jasad di wilayah Kabupaten Lampung Tengah itu masih menjadi misteri. Beredar dugaan, bila jenazah yang ditemukan sudah membusuk ini merupakan korban pencurian dengan kekerasan (curas).

Demikian, Edi Qorinas mengaku, saat ini pihaknya masih terus mengupayakan penyelidikan buat mengungkap misteri penemuan jasad itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *